Cara Daftar BLT UMKM untuk Menambah Modal Usaha 

Tak sedikit masyarakat Indonesia yang memiliki usaha yang skalanya mikro hingga ultra mikro. Entah sebagai sampingan atau sumber penghasilan utama, membangun usaha sendiri bukanlah perkara mudah. Pihak perbankan memang menyediakan kredit khusus untuk modal usaha, tetapi pada kenyataannya tidak semudah itu untuk mendapatkannya. Karena biasanya pihak perbankan menyertakan syarat yang berkaitan dengan skala usaha. 

Syarat ini yang cukup sulit dipenuhi oleh pemilik usaha mikro dan ultra mikro. Dalam situasi yang normal, mencari modal usaha mungkin sudah cukup menyulitkan bagi para pegiat UMKM. Ditambah lagi dengan adanya pandemi COVID-19, kondisi perekonomian menjadi semakin sulit lagi. Menyadari hal ini, pemerintah mengadakan program Bantuan Langsung Tunai atau BLT UMKM yang khusus ditujukan bagi para pegiat UMKM di Indonesia. Apa itu BLT UMKM dan bagaimana cara daftar BLT UMKM siapa saja yang bisa mendapatkannya?

Memahami BLT UMKM Sebelum Daftar Online BLT UMKM

BLT UMKM ditujukan bagi pemilik UMKM yang tersebar di seluruh Indonesia. Tapi, tidak semua bisa mendapatkannya, karena program yang diprakarsai oleh Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil Menengah ini memiliki kriteria khusus untuk penerimanya. Program ini pertama kali dijalankan pada bulan Agustus tahun 2020. Tujuannya adalah untuk mendukung para pegiat UMKM di tengah pandemi. Setiap orang yang sudah terdaftar mendapat bantuan sebesar Rp 2.4 juta. Meski mendapat tanggapan positif, tapi target pemerintah tidak terpenuhi seluruhnya. Karena itu, program ini dilanjutkan di tahun 2021 dengan seleksi yang lebih ketat. Hanya pengusaha mikro saja yang bisa mendapatkannya. Besaran bantuan dikurangi menjadi Rp 1.2 juta. Lalu bagaimana cara daftar BLT UMKM di tahun 2021?

Apakah Pendaftaran BLT UMKM Online Bisa Dilakukan di Semua Area?

Jika Anda memiliki usaha, terutama yang berskala mikro, masih ada kesempatan untuk daftar BLT UMKM untuk tahun 2021. Pendaftaran BLT UMKM bisa dilakukan dengan 2 metode yaitu online dan offline. Cara daftar BLT UMKM online tentu jauh lebih praktis dan hemat. Tapi sayangnya metode online belum bisa dilakukan di semua area. Cara daftar BLT UMKM offline adalah dengan langsung datang ke Dinas Kemenkop UKM di tingkat kabupaten atau kota setempat. Kemudian pemohon akan diminta mengisi formulir dan melengkapi dokumen. Sementara cara daftar BLT UMKM secara online langsung dilakukan di situs resmi Dinas Kemenkop UKM di tingkat kabupaten atau kota. Pemohon harus mengisi formulir dan menyertakan dokumen. Data yang diisi berupa Nomor Induk Kependudukan (NIK) yang tertera di KTP, nomor Kartu Keluarga, nama lengkap, alamat tempat tinggal, nomor telepon aktif yang mudah dihubungi, dan bidang usaha. Setelah cara manual ini selesai dilakukan, Anda bisa cek apakah sudah terdaftar sebagai daftar penerima BLT UMKM secara online di situs BRI atau BNI. 

Syarat dan Cara Mendaftar BLT UMKM Online

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, cara daftar BLT UMKM online adalah di situs Dinas Kemenkop UKM di tingkat kabupaten atau kota yang sudah menyediakan layanan online. Cara daftar BPUM BRI online juga harus melewati jalur ini. Jika pemohon memiliki rekening BRI, maka penyaluran dana BLT akan disalurkan melalui BRI. Jika punya rekening BNI, maka akan disalurkan melalui BNI. Cara daftar BPUM BRI online adalah dengan mengisi data yang sama seperti cara offline. Selain itu, syarat yang harus dipenuhi baik untuk pendaftaran online maupun offline adalah pemohon berstatus kewarganegaraan sebagai WNI, memiliki KTP asli (bukan fotokopi atau masih berbentuk resi), memiliki usaha mikro yang produktif, usaha bisa dibuktikan dengan surat usulan atau rekomendasi dari pengusul BPUM, pemohon tidak sedang mendapatkan kredit perbankan untuk modal usaha, dan tidak bekerja sebagai PNS, TNI, POLRI, maupun pegawai BUMN atau BUMD. Jika ingin mengecek status, apakah sudah terdaftar sebagai penerima BLT UMKM atau belum, kunjungi alamat eform.bri.co.id/bpum atau eform.bni.co.id/bpum, masukkan NIK, dan status Anda akan muncul di layar. Cara daftar BLT UMKM simpel dan bisa sangat membantu banyak pegiat UMKM di Indonesia.