Ketahui Mekanisme Cara Mengambil Uang di ATM BRI

Seiring dengan perkembangan teknologi dalam dunia keuangan dan perbankan, terdapat beragam inovasi yang dilakukan oleh berbagai bank untuk menyediakan layanan yang berkualitas serta memudahkan dan tentunya bermanfaat bagi para nasabah. Adapun salah satu layanan tersebut adalah kartu debit. Secara sederhana, kartu debit adalah sebuah kartu yang dapat digunakan untuk melakukan transaksi tanpa uang tunai (cashless). Selain itu, kartu debit juga bisa digunakan untuk menarik atau mengambil uang tunai melalui mesin ATM. 

Untuk bisa mengambil uang tunai melalui mesin ATM menggunakan kartu debit, terdapat beberapa hal yang bisa dilakukan. Sebagai contoh, nasabah bisa mencari tahu tentang cara mengambil uang di ATM BRI. Untuk bisa mengambil uang di ATM BRI, nasabah bisa menggunakan kartu debit BRI atau kartu debit dari bank lain. Jika menggunakan kartu debit BRI, maka nasabah tidak akan dikenakan biaya tambahan. Namun jika menggunakan kartu debit selain BRI, maka nasabah akan dikenakan biaya tambahan sesuai kebijakan yang berlaku di Bank BRI. Dengan mengetahui cara mengambil uang lewat ATM, nasabah bisa mengambil uang dengan nominal sesuai kebutuhan untuk berbagai keperluan.

Hal yang Harus Diperhatikan Seputar Cara Mengambil Uang di ATM BRI

Saat ingin mengambil uang di ATM BRI, terdapat beberapa hal yang perlu diperhatikan. Adapun beberapa hal tersebut adalah sebagai berikut. Pertama, sebagaimana yang telah disebutkan, saat ingin mengambil uang di ATM BRI, sebaiknya perhatikan dulu kartu debit yang digunakan, apakah kartu debit BRI atau kartu kredit dari bank lain. Hal ini dikarenakan, terdapat perbedaan dari segi biaya yang harus ditanggung oleh nasabah, dimana jika menggunakan kartu debit selain dari Bank BRI, maka nasabah akan dibebankan biaya dengan nominal tertentu setiap kali mengambil uang di ATM BRI. 

Kedua, seringkali nasabah menemukan masalah yaitu tidak bisa ambil uang di ATM BRI yang bisa disebabkan oleh beberapa hal. Selain dikarenakan sistem yang terganggu, masalah tersebut biasanya muncul saat uang tunai yang tersedia dalam mesin ATM telah habis sehingga perlu diisi ulang. Ketiga, adapun cara mengambil duit di ATM BRI juga sangat mudah, karena memiliki cara yang hampir sama dengan mesin-mesin ATM lainnya. Nasabah hanya perlu memasukkan kartu debit ke slot yang tersedia pada mesin ATM, lalu masukkan PIN pengguna. Setelah itu, nasabah hanya perlu mengetikkan nominal uang yang ingin diambil dan mesin ATM pun akan mengeluarkan uang tunai sejumlah yang diinginkan oleh nasabah.

Tips Cara Mengambil Uang di ATM BRI

Saat ini, ATM BRI telah banyak tersedia di berbagai tempat, mulai dari ATM yang menjadi satu dengan Bank BRI, hingga ATM-ATM BRI yang diletakkan di tempat-tempat strategis seperti minimarket, pusat perbelanjaan, pusat pendidikan, dan sebagainya. Dengan demikian, nasabah akan semakin dimudahkan jika ingin mengetahui cara ambil uang di Bank BRI melalui mesin ATM. Saat akan mengambil uang di ATM BRI, terdapat beberapa hal yang perlu diperhatikan terutama yang berkaitan dengan cara ambil uang di ATM. Adapun beberapa hal tersebut adalah sebagai berikut. 

Pertama, nasabah sebaiknya memilih mesin ATM BRI di tempat yang ramai pengunjung untuk memastikan keamanannya. Meskipun setiap mesin ATM BRI telah dilengkapi dengan CCTV, namun nasabah tetap harus berhati-hati untuk menghindari tindak kejahatan yang mungkin saja terjadi. Kedua, adapun cara ambil uang dari ATM BRI untuk memastikan tingkat keamanannya adalah dengan merahasiakan PIN pengguna saat mengetiknya. Nasabah bisa menutupnya dengan tangan kiri sementara tangan kanan mengetik PIN pengguna. Ketiga, saat ini, mesin-mesin ATM BRI yang beredar tersedia dalam dua pilihan pecahan nominal uang, yaitu pecahan Rp 50 ribu dan pecahan Rp 100 ribu. Nasabah sebaiknya memikirkan terlebih dahulu nominal uang yang akan diambil sehingga bisa menentukan pecahannya, misalnya saja cara mengambil uang 3 juta di ATM BRI. Keempat, saat keperluan menggunakan ATM BRI telah selesai dilakukan, pastikan untuk mengambil kembali kartu debit yang sebelumnya dimasukkan ke dalam mesin ATM untuk menghindari kartu debit tertelan.