Min gaji RP 4 juta IDR
Jumlah
Bunga rendah 3.3%
Rate Pinjaman
Umur 21 tahun
Umur peminjam
Dapatkan pinjaman koperasi tanpa jaminan sekarang juga 2021

Pinjaman Koperasi Tanpa Jaminan Memudahkan Masalah Finansial Anda

Koperasi sebagai tempat meminjam uang sebenarnya bukan hal baru. Bahkan koperasi telah digunakan oleh masyarakat Indonesia sejak jaman penjajahan Belanda dahulu. Bisa dibilang, koperasi adalah lembaga keuangan yang paling tua di tanah air. Jenis koperasi di Indonesia bervariasi. Khusus di koperasi simpan pinjam, anggotanya bisa menyimpan uang seperti layaknya di bank. Uang inilah yang akan diputar untuk dipinjamkan kepada anggota lain yang sedang membutuhkan dana. Bagi yang menyimpan atau penyedia dana, bisa mendapatkan keuntungan dari selisih keuntungan yang dibayarkan oleh peminjam. Anggota koperasi yang mendapatkan pinjaman akan terbantu karena jenis kredit yang didapat adalah pinjaman koperasi tanpa jaminan. Tidak perlu memenuhi syarat agunan untuk bisa meminjam dana tunai. 

Pinjaman Uang Tunai Tanpa Jaminan di Koperasi

Di dalam koperasi simpan pinjam ada penghimpunan anggota. Mereka yang memiliki modal bisa menyimpan dana di koperasi, sementara anggota yang membutuhkan bisa pinjam dana tunai di koperasi tanpa jaminan. Lalu apa yang membedakan pinjam uang di koperasi dengan pinjam uang lembaga perbankan atau perusahaan teknologi finansial? Pinjam dana tunai di koperasi bunganya rendah dan syaratnya mudah. Tidak ada syarat berbelit yang bagi sebagian kalangan sulit dipenuhi, misalnya bagi ibu rumah tangga atau pemilik usaha mikro yang kesulitan memenuhi persyaratan bank. 

Sumber dananya ada 2 yaitu dari simpanan anggota koperasi yang berupa simpanan wajib, simpanan pokok, serta simpanan sukarela hingga hibah. Sumber dana yang kedua adalah dari modal pinjaman yang didapatkan dari pihak ketiga. Hal lain yang membedakan koperasi dengan lembaga penyedia dana lainnya adalah karakteristiknya seperti keanggotaan koperasi bersifat transparan dan sukarela , sistemnya mandiri dan demokratis, kekuasaan tertinggi merupakan rapat anggota, dan anggotanya berhak mendapatkan laba koperasi dari Sisa Hasil Usaha yang dibagikan secara adil. Lalu bagaimana caranya pinjam uang di koperasi simpan pinjam? 

Syarat dan Cara Pinjam Uang di Koperasi Tanpa Jaminan

Untuk bisa pinjam uang di koperasi simpan pinjam, Anda harus menjadi anggota koperasi terlebih dahulu. Syarat umum menjadi anggota koperasi adalah berstatus kewarganegaraan sebagai WNI, keanggotaan sifatnya perorangan, menyetujui AD/ART dan ketentuan yang berlaku di koperasi, dan bersedia membayar simpanan wajib dan simpanan pokok sesuai ketentuan yang berlaku. Adapun syarat pinjam uang di koperasi tanpa jaminan di antaranya adalah pemohon telah berstatus sebagai anggota koperasi atau calon anggota, mengisi formulir pinjaman, melengkapi dokumen seperti fotokopi KTP pemohon dan suami/istri jika sudah menikah, fotokopi Kartu Keluarga, slip gaji, dan rekening listrik. 

Beberapa koperasi simpan pinjam tanpa jaminan memberi persyaratan tambahan seperti pemohon harus melampirkan proposal penggunaan dana, misalnya untuk renovasi rumah, pembelian alat rumah tangga, modal usaha, dan lain sebagainya. Setelah semua syarat dan dokumen pelengkap sudah diajukan, pihak koperasi akan mempertimbangkan kelayakan mendapatkan pinjaman sesuai dengan prosedur yang berlaku. Jika sudah disetujui, maka dana akan dicairkan dan pengembalian dana menjadi tanggung jawab peminjam sesuai jangka waktu yang telah disepakati sebelumnya. Setiap jenis pinjaman tentu ada plafonnya. Meski begitu, plafon pinjaman koperasi tidak dibatasi dalam Peraturan Menteri Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah No. 15 Tahun 2015. Jadi plafon pinjaman tergantung dari kebijakan tiap koperasi.

Mekanisme Suku Bunga pada Koperasi Simpan Pinjam Tanpa Jaminan

Meminjam dana tunai di koperasi simpan pinjam bersifat transparan. Sejak awal masa pinjaman akan dijelaskan mengenai suku bunga dan perhitungannya. Pada dasarnya, bunga pinjaman di koperasi lebih rendah dibandingkan lembaga penyedia dana lainnya. Pada umumnya ada 3 metode suku bunga yang diberlakukan oleh koperasi simpan pinjam. 

Yang pertama adalah bunga flat yang diberlakukan pada pinjaman jangka pendek. Setiap bulan bunganya sama, dengan begitu jumlah cicilan juga sama. Jenis bunga koperasi yang kedua di tahun 2021 adalah bunga menurun. Perhitungannya berdasarkan besarnya pinjaman yang masih tersisa di peminjam. Jika sisa pinjaman semakin kecil, maka bunganya pun semakin kecil. Metode bunga yang ketiga dari pinjaman koperasi tanpa jaminan adalah bunga anuitas, yang perhitungannya hampir sama dengan Kredit Pemilikan Rumah.

 

Cek sumber pinjaman juga

Gaji mulai dari Rp 1.5 Jutaan IDR
Jumlah
Bungan 4% per bulan
Rate Pinjaman
Usia 19 tahun
Umur peminjam
Promo KPR BNI bunga rendah dan cicilan murah 2021
Mulai dari 2 juta/ bulan IDR
Jumlah
Mulai dari 2%
Rate Pinjaman
Berusia minimal 21 tahun - 55 tahun
Umur peminjam
Dapatkan Kemudahan pinjam online Easycash terdaftar ojk 2021